DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA N-393316 MELAYANI PENDAFTARAN BARU DISTRIBUTOR DAN MELAYANI PEMBELIAN PRODUK NASA UNTUK SELURUH INDONESIA DAN LUAR NEGERI.HUBUNGI BBM KAMI D1FFBD9D /085232128980 /+ 62 855 7484 4543 / +85298598174

Trik Dan Cara Pengendalian Penyakit Patek Pada tanaman Cabai Jitu

Trik Dan Cara Pengendalian Penyakit Patek Pada tanaman Cabai Jitu
Cabai-terserang-PATEK
Trik Dan Cara mengendalikan penyakit PATEK penyerangna pada tanaman CABAI dengan jitu dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
  1. Gunakan bibit cabai yang sehat, jika menggunakan bibit cabe dari hasil tanam sendiri,usahakan menggunakan tanamnan yang sehat/ tidak terserang hama dan penyakit.
  2. Lahan yang di gunakan untuk penanaman usahakan bukan bekas lahan penanaman cabai, terong, tomat atau tanaman yang sefamily Solanaceae. Spora Gleosporium dan Colletotrichum dapat bertahan dan beradaptasi dalam tanah dalam waktu hingga tahunan. Jika iya lakukan penggiliran tanaman dengan tanaman yang lainnya.
  3. Pilih varietas cabe yang tahan terhadap serangan penyakit patek, cabe keriting Biasanya lebih tahan terhadap penyakit patek.
  4. Gunakanlah pupuk dasar atau pemupukan dengan pupuk yang memiliki unsur N (nitrogen) rendah, karena pemberian unsur N yang berlebihan menjadikan tanaman cabai menjadi rentan (mudah terserang) penyakit patek. Atau bisa menggunakan pupuk dasar Supernasa Granule atau Pop Supernasa.
  5. Gunakan Glio sejak awal tanam dan Perbanyak unsur Kalium dan Calsium untuk membantu pengerasan kulit buah cabai.
  6. Gunakanlah mulsa plastik agar terhindar dari penyebaran spora jamur melalui percikan air hujan atau penyiraman.
  7. Gunakanlah jarak tanam yang ideal sesuai kebutuhan tanaman, usahakan jangan terlalu rapat sehingga dapat meningkatkan kelembaban dan mempercepat penyebaran penyakit,terutama penyakit patek.
  8. Lakukan perempelan daun gunanya agar tanaman tidak terlalu rimbun, untuk menghindari  kelembaban udara yang berlebihan di sekitar tanaman cabai.
  9. Gunakan alat pengolahan tanah dan tanam yang berbeda untuk menghindari penularan penyakit melalui alat pertanian yang kita gunakan untuk pengolahan tanaman.
  10. Lakukan pencegahan dengan menggunakan penyemprotan Pestona dan BVR. Jika serangan berat gunakan fungisida kontak berbahan aktif mankozeb atau tembaga hidroksida jika serangan penyakit telah berada diambang batas.
  11. Jika langkah dan cara di atas sudah dilakukan namun masih terjadi serangan patek pada tanaman cabai, maka lakukan eradikasi dengan segera membuang tanaman yang sakit sejauh mungkin dari lahan tanaman  atau dengan cara membakar di luar area tanaman cabai. gunanya untuk menghindari penularan virus yang menyerang.
  12. Jika serangan tidak dapat dikendalikan, lakukan penyelamatan cabai yang belum terserang sesegera mungkin.
  13. Jika pestisida organik tidak mampu mengatasi lakukan tindakan yang perlu dilakukan adalah menyemprot dengan fungisida kontak (Dithane, Nordox, Kocide, Antracol, Danokil, Frevicur-N atau yang lain) bersamaan dengan sistemik (Derosal, Bion M, Amistartop, atau yang lain)
  14. Ambil buah yang terserang patek, buang jauh-jauh atau di bakar (dimusnahkan) dan selanjutnya semprotkan CORRIN, POC NASA dan HORMONIK

Trik Dan Cara Pengendalian Penyakit Patek Pada tanaman Cabai Jitu
Cabai-Nasa
Demikian tips dan cara mengendaliikan penyakit PATEK dengan jitu pada tanaman cabai, semoga bermanfaat.
Untuk pemesanan PUPUK NASA silahkan hubungi Distributor Resmi NASA...
Dapatkan keuntungan dengan bergabung menjadi MEMBER NASA...
Trik Dan Cara Pengendalian Penyakit Patek Pada tanaman Cabai Jitu
Pupuk-Organik-Nasa
Pemesanan Produk natural nusantar hubungi 

Budianto / Rindra 

Pin Bbm : D1FFBD9D
Sms/wa/telf : +62 855 7484 4543 / 085232128980

Add facebook kami 
https://www.facebook.com/emi.liana.31586

web:
http://www.agenpocnasa.com/
=================

2 comments:

  1. Gliocladium yg sdah dimatangkan dengan pupuk kandang...apa bisa diaplikasikan bersamaan dengan furadan waktu pemupukan dasar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, tapi alangkah lebih baik jika d pisah, contohnya pagi dan sore hari.

      Delete

Flag Counter