DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA N-393316 MELAYANI PENDAFTARAN BARU DISTRIBUTOR DAN MELAYANI PEMBELIAN PRODUK NASA UNTUK SELURUH INDONESIA DAN LUAR NEGERI.HUBUNGI BBM KAMI D1FFBD9D /085232128980 /+ 62 855 7484 4543 / +85298598174

PANDUAN CARA MENINGKATKAN PANEN BUAH DURIAN DI NGANJUK

Panduan Cara Meningkatkan Panen Buah Durian 
PENANAMAN
Penanaman Buaah durian yang paling ideal adalah saat awal musim hujan. lakuan penggalian tanah yang berisi campuran media tanam sesuai ukuran bibitnya. Ambil bibit dan buka plastiknya pembungkus tanah secara berhati-hati. Tanaman bibit sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya. siram air secukupnya setelah selesai proses penanaman. Akan akan lebih baik di tambah pupuk organik SUPENASA dengan dosis 1 botol untuk 200 tanaman. 1 botol SUPERNASA di encerkan dalam 2 liter (200ml) air di jadikan larutan induk lalu siramkan setiap pohon atau siramkan SUPERNASA  1 sendok makan per 10 liter air per pohon.

PENGAITAN
Pengairan di lakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berproduksi. Pada awal berbunga, penyiraman di kurangi. Dan pengairn yang paling baik di lakukan pada pagi hari.

PEMANGKASAN
Pangaks cabang atau ranting yang sudah mati dan terserang hama penyakit, seta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Ketika tanaman mencapai ketinggian tertentu 4 - 5 meter, pucuk tanaman di pangkas.

PEMUPUKAN
dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kebutuhan tanah atau sesuai rekomendasi setempat.
Umur
(Tahun)
Pukan
(kh/ph)
NPK
(kh/ph)
Frekuensi
Per Tahun
1-3
4-6
7-10
30-50
75-150
200-300
0,5-1,0
1,5-2,5
3,0-5,0
3-4
2-3
1-2
Pemupukan sejak awal pertumbuhan sampai tahun ke 3 dengan pupuk NPK yang kadar N tinggi.

Waktu pemupukan pupuk kandang sekali dalam setahun pada akir musim hujan atau awal musim kelarau. Sedangkan pupuk makro sesuai dengan umur tanaman. Caranya dengan menaburkan memutar sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman.

Suram pupuk SUPERNASA (0-3th0 dan POWER NUTRITION ( di atas 3 thn) dengan cara sesuai di atas. Semprotkan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK pertangki 1 - 2 bulan selama masih busa di jangkau oleh alat semprot.

PEMBUAHAN DI LUAR MUSIM
Caranya mengatur pembungaan di setiap pohon durian per blok yaitu jika memnginginkan bulan Agustus-November, maka sekitar bulan maret tanaman pada blog di beri pupuk 1,5 - 2 kg NPK + 1 sendok makan POWER NUTRITION per 10 liter air per pohon dan akan lebih bagus di tambah penyemprotan 3-4 tututp POC NASA + 1 tututp HORMONIK per tangki setiap 7-10 hari sekali sebanyak 3-4 kali. selain itu kira-kira 3 bulan sebelumnya tanah areal penanamanharus di keringkan. Jika waktu pengeringan turun hujan, tanah di sekeliling tanaman dalam radius 5-7 meter di beri mulsa dan di buatkan saluran pembuangan air. setelah bunga mekar dan menjadi buah atau 2 bulan setelah bunga mekar, tanaman di beri pupuk NPK dengan dosis 0,5-1kg per tanaman. Setelah terbentuk buah, usahakan tanaman tidak mengeluarkan tunas dan daun karena dapat menyebabkan perebutan unsur hara antara buah dan daun, sehingga perlu di siram POWER NUTRITION lagi ( 1 botol 250 gr untuk 20-30 pohon)

PENYERBUKAN
Tidak semua bunga bisa menjadi buahkarena bungan durian mekar pada sore hingga malam hari sehingga tidak banyak serangga penyerbuk. Selain itu juga tidak semua bungadurian muncul secara bersamaan, padahal penyerbukan berhasil jika serbuk sari dan kepala putik harus matang secara bersamaan. Oleh karena itu perlu di lakukan penyerbukan buatan, caranya sapukan kuas halus pada bunga mekar pada malam hari. Untuk memaksimalkan kwalitas dan hanya satu jenis Varietas tertentu, tetapi di campur dengan varietas yang lain.

PERAWATAN BUAH
Penyelesaian buah setelah berdiameter 5cm, Sisakan dua buah terbaik, jarak ideal buah satu dengan buah lainnya sekitar 30 cm. Tanaman buah durian yang baru pertama kali berbuahsebaiknya di pelihara satu hingga dua butir saja. Untuk mencegah kerontoka buah setelah buah berumur 10 hari sejak terbentuk, lebih bagus jika di berikan pupuk makro NPK (0,5-1 kg/ pohon) di tambah POWER NUTRITION ( 1botol untuk 20-30 pohon).

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN DURIAN
1. Penggerak Batang ( Batocera sp, Xyleutes sp)
Menyerang dengan cara membuat lubang pada batang, daun, ataupun ranting. Gejala serangan tanaman layu, daun kering dan rontok akirnya mati.
Pengendalian : lakukan sanitasi kebun, pohon dan musnahkan batang daun atau ranting yang parah terserang, tutup bekas lubang gerekan dengan kapas yang sudah di beri PESTONA + POC NASA  atau di semprotkan.

2. Penggerek buah (Tirathaha sp, Dacus dorsalis)
Gejala buah menjadi busuk berulat dan akirnya rontok. Semprotkan sejak awal dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 sejak buah berumur 1 minggu, gunakan perangkap Natural METILAT.

3. Kutu Putih (pseudocucus sp)
Hama ini menyerang dengan mengisap cairan dan bisa sebagai pembawa penyakit embun jelaga dan penyebaran di bantu oleh semut. Gejala serangan daun keriting dan merana, sehingga buah dan bunga bisa rontok. Semprotkan PENTANA atau PESTONA  + AERO 810 secara bergantian.

4. Ulat Daun ( Papilia Sp, Setora sp, Lymatria sp)
Ketiga ulat menyerang dengan cara memakan daun sehingga berlubang dan rusak. Semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 secara bergantian.

5. Penyakit Kanker Batang ( Phytophthora palmivora)
Gejala serangan adanya luka yang mengeluarkan lendir warna merah pada kulit batang bagian bawah dekat tanah. Setelah batang mengalami pembusukan, pucuk-pucuk tanaman akan mengering, daun layu dan rontok dan setelah itu mengalami kematian. Lakukan pengendalian dengan cara sanitasi kebun, pemberian jarak tanam, menekan gulma, pemangkasan, sejak awal sebelum tanam sebarkan NATURAL GLIO atau oleskan pada bagian batang yang luka kemudian tututp dengan parafin, kerok batang terserang sampai warna coklat tidak kelihatan kemudian semprot PESTONA + POC NASA.

6. Penyakit Busuk Akar (Jamur Fusarium Sp)
Jika di belah, pada bagian korteks akan tampak warna coklat pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat. Tanaman yang terserang di musnahkan dan di bakar serta bekas lubang tanam di taburi kapur + NATURAL GLIO, perbaikan sistem drainase serta sejak awal pakai Natural GLIO sebagai pencegahannya.

7. Penyakit Bercak Daun ( Jamur Colletotrichum sp)
Gejala adanya bercak-bercak besar kering pada daun tanaman yang akirnya berlubang. Potong daun terserang, semprotkan Natural GLIO + POC NASA sebagai pencegahan gunakan fungisida berbahan aktif tembaga.

8. Penyakit Jamur Upas ( pink disease)
Gejala muncul cairan kuning pada bagian batang terserang dan di selimuti dengan benang-benang jamur berwarna mengkilat berbentuk seperti laba-laba sehingga menyebabkan kematian pada batang. Potong bagian terserang, kurangi kelembapan, oleskan Natural GLIO + POC NASA pada bagian terserang atau fungisida berbahan aktif tembaga.

9.Penyakit Akar Putih ( Jamur Rigodoporus lignosus)
Daun kuning kemudian kemudian coklat dan akirnya mengerut dan gugur. Buang semua tanaman linang dari areal kebun, gunakan Natural GLIO sebagai pencegahannya.

10. Penyakit Busuk Buah ( Jamur Phytophthora sp)
gejala adanya bercak-bercak basah berwarna coklat kehitaman pada kulit buah, kemudian busuk dan pada bagian terserang terbentuk miselium dan sporangia berwarna puttih. Gunakan Natural GLIO sebelum tanam sebagai tindakan pencegahan , sanitasi kebun 
.
Demikian Sedikit penjelasan kami mengenai Panduan Cara Meningkatkan Panen Buah Durian ini. Dengan menggunakan pupuk organik dari PT. Natural Nusantara akan meningkatkan mutu dan kwaliras dari buah durian yang di hasilkan. untuk pemesanan Pupuk Organik Nasa Hubungi 0852-3212-8980 / wa. +62-855 7484 4543 / BBM : D1FFBD9D








0 comments:

Post a Comment

Flag Counter