DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA N-393316 MELAYANI PENDAFTARAN BARU DISTRIBUTOR DAN MELAYANI PEMBELIAN PRODUK NASA UNTUK SELURUH INDONESIA DAN LUAR NEGERI.HUBUNGI BBM KAMI D1FFBD9D /085232128980 /+ 62 855 7484 4543 / +85298598174

Trik Dan Cara Pupuk Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

Semangat Pagi para petani Kelapa Sawit di manapun anda berada, Pada prinsipnya pemupukan Kelapa Sawit pada Lahan Gambut tidak jauh berbeda dengan pemupukan kelapa sawit di lahan pada umumnya, yaitu pupuk di sebar melingkar pada piringan pokok tanaman serta pupuk harus sesuai dengan tujuan pemupukan  dan sesuai dengan aturan yang telah disarankan agar memperoleh hasil yang diharapkan.
Pada prinsipnya pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut tidak jauh berbeda dengan pemupukan kelapa sawit di lahan pada umumnya, yaitu pupuk di sebar melingkar pada piringan pokok tanaman serta pupuk harus sesuai dengan tujuan pemupukan  dan sesuai dengan aturan yang telah disarankan agar memperoleh hasil yang diharapkan.  Pembukaan kebun kelapa sawit harus diperhatikan keramahannya terhadap alam, lahan yang dibakar bukan solusi tepat untuk mendapatkan lahan yang siap tanam. karena hal tersebut banyak menimbulkan dampak-dampak yang negatif yang diantaranya kandungan unsur hara tanah banyak yang hilang, musnahnya predator hama kelapa sawit, mencemari lingkungan sekitar dengan banyaknya asap yang muncul akibat pembakaran lahan.    Pemupukan kelapa sawit pada lahan tanah gambut menggunakan jenis pupuk yang sama dengan lahan biasa namun dengan melebihkan dosisnya daripada pemupukan pada lahan normal mengingat pada lahan gambut kondisi tanahnya yang belum stabil. adapun pupuk yang dipakai untuk 1hektar adalah TSP 300 gram , cuSO4 15gram, dan SUPERNASA 15gram. bisa juga ditambahkan POWERNUTRITION jika tanaman sudah mulai produksi.  Untuk mengaplikasikan pupuk pada penanaman bibit kelapa sawit di lahan gambut  yaitu Isilah lubang dengan top soil setebal 25cm lalu dipadatkan. Masukan pupuk supernasa, tsp,cuSO4 sesuai dosis. 1/3 dari jumlah pupuk tersebut Tanamkan bibit kelapa sawit yang sudah disobek large bag nya. Pastikan permukaan bola tanah sejajar dengan tanah yang disekitarnya. Timbun sekali lagi bibit kelapa sawit dengan tanah di lapisan top soil dan taburi pupuk tersebut 1/3 lagi dan timbun lagi dengan tanah subsoil dan taburi  1/3 sisanya dari pupuk tersebut. kemudian timbun lagi dengan subsoil paling atas.  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemupukan pada lahan gambut adalah : Sebelum melakukan pemupukan bersihkan dulu gulma yang tumbuh pada piringan batang pokok kelapa sawit. Untuk tanah yang datar, pupuk ditaburkan pada tanah melingkar dengan jarak 50cm dari pokok batang sampai tepian. Pupuk harus disebarkan ditempatnya dengan baik dan benar bukan asal-asalan. Pupuk yang tidak boleh dicampur dengan pupuk lain harus diberi rentang waktu dalam aplikasi dengan pupuk yang lainnya. Pupuk yang di aplikasikan harus berbentuk remah bukan gumpalan. Pemberian pupuk harus sesuai dosis yang telah di tetapkan dalam penerapannya.  Demikian artikel cara pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan para pekebun kelapa sawit guna meningkatkan produksi buah kelapa sawit untuk memenuhi target hasil yang maksimal.  Untuk informasi tentang produk pupuk organik NASA bisa lihat kontak telpon dalam profil saya.
Pembukaan kebun kelapa sawit harus diperhatikan keramahannya terhadap alam, lahan yang dibakar bukan solusi tepat untuk mendapatkan lahan yang siap tanam. karena hal tersebut banyak menimbulkan dampak-dampak yang negatif yang diantaranya kandungan unsur hara tanah banyak yang hilang, musnahnya predator hama kelapa sawit, mencemari lingkungan sekitar dengan banyaknya asap yang muncul akibat pembakaran lahan.

Pemupukan kelapa sawit pada lahan tanah gambut menggunakan jenis pupuk yang sama dengan lahan biasa namun dengan melebihkan dosisnya daripada pemupukan pada lahan normal mengingat pada lahan gambut kondisi tanahnya yang belum stabil. adapun pupuk yang dipakai untuk 1hektar adalah TSP 300 gram , cu SO4 15gram, dan SUPERNASA 15gram. bisa juga ditambahkan POWERNUTRITION jika tanaman sudah mulai produksi.
Trik Dan Cara Pupuk Kelapa Sawit Di Lahan Gambut
Untuk mengaplikasikan pupuk pada penanaman bibit kelapa sawit di lahan gambut  yaitu

  1. Isilah lubang dengan top soil setebal 25cm lalu dipadatkan.
  2. Masukan pupuk supernasa, tsp,cu SO4 sesuai dosis. 1/3 dari jumlah pupuk tersebut
  3. Tanamkan bibit kelapa sawit yang sudah disobek large bag nya.
  4. Pastikan permukaan bola tanah sejajar dengan tanah yang disekitarnya.
  5. Timbun sekali lagi bibit kelapa sawit dengan tanah di lapisan top soil dan taburi pupuk tersebut 1/3 lagi dan timbun lagi dengan tanah subsoil dan taburi  1/3 sisanya dari pupuk tersebut. kemudian timbun lagi dengan subsoil paling atas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemupukan pada lahan gambut adalah :

  • Sebelum melakukan pemupukan bersihkan dulu gulma yang tumbuh pada piringan batang pokok kelapa sawit.
  • Untuk tanah yang datar, pupuk ditaburkan pada tanah melingkar dengan jarak 50cm dari pokok batang sampai tepian.
  • Pupuk harus disebarkan ditempatnya dengan baik dan benar bukan asal-asalan.
  • Pupuk yang tidak boleh dicampur dengan pupuk lain harus diberi rentang waktu dalam aplikasi dengan pupuk yang lainnya.
  • Pupuk yang di aplikasikan harus berbentuk remah bukan gumpalan.
  • Pemberian pupuk harus sesuai dosis yang telah di tetapkan dalam penerapannya.

Demikian artikel cara pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan para pekebun kelapa sawit guna meningkatkan produksi buah kelapa sawit untuk memenuhi target hasil yang maksimal.

Untuk informasi tentang produk Pupuk Organik NASA bisa lihat kontak telpon dalam profil saya.

Trik Dan Cara Pupuk Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter