DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA N-393316 MELAYANI PENDAFTARAN BARU DISTRIBUTOR DAN MELAYANI PEMBELIAN PRODUK NASA UNTUK SELURUH INDONESIA DAN LUAR NEGERI.HUBUNGI BBM KAMI D1FFBD9D /085232128980 /+ 62 855 7484 4543 / +85298598174

Cara Mengatasi Padi Yang Terkena Busuk Leher ( Potong Leher )

Mengetahui dan mencegah sejak dini adalah hal yang paling efektif. Karena penyakit ini juga penting karena tanaman padi yang terserang penyakit ini bisa tidak berproduksi sama sekali. Hal ini disebabkan terputusnya aliran makanan ke malai sehingga bulir menjadi hampa seperti terserang penggerek batang.

Penyakit busuk leher pada tanaman padi disebabkan oleh Pyricularia oryzae . Pyricularia oryzae selain menyebabkan penyakit blas/ bercak belah ketupat ternyata juga dapat menyebabkan tangkai malai membusuk dan patah, penyakit ini biasa kita sebut busuk leher. Jika infeksi terjadi sebelum pengisian bulir dapat menyebabkan kehampaan bulir padi. Tidak hanya daun dan malai batang juga dapat terinfeksi sehingga batang padi membusuk dan rebah.
Cara Mengatasi Padi Yang Terkena Busuk Leher ( Potong Leher )

Jamur ini berkembang biak cepat pada tanaman padi yang berjarak tanam rapat sehingga mempunyai kelembaban yang tinggi. Kecepatan pertumbuhan jamur tersebut juga akan semakin tinggi jika pemupukan tanaman padi menggunakan urea secara berlebihan.

Penyebaran penyakit bisa melalui benih, angin sisa tanaman padi dilapangan dan inang lainnya terutaman tanaman dari golongan graminae/ rerumputan.

Pengendalian yang dianjurkan :
  1. Pemupukan yang seimbang antara Pupuk Organik Nasa yang berupa Super Nasa dan pupuk kimia yang telah di kurangi 30%-50% yang biasa dipakai. 
  2. Penggunaan UREA yang tidak berlebihan
  3. Jarak tanam jangan terlalu rapat sehingga tanaman tidak tinggi kelembaban rendah.
  4. Perendaman bibit dengan menggunakan Agens Hayati CORRIN di awal pembibitan.
  5. Penyemprotan Pestisida Hayati NASA yang berupa Agens Hayati CORRIN dari awal tanam.
  6. Gunakan sistem tanam jajar legowo.
  7. Kebersihan lahan harus dijaga terutama dari sisa tanaman dan inang yang sakit
  8. Gunakan benih yang bebas penyakit
Agen Hayati Corrin

Konsultasi Produk Natural Nusantar hubungi 


Budianto / Rinda 

Pin Bbm : D1FFBD9D

Sms/wa/telf : 
+ 62 855-7484-4543 atau 085232128980

Add facebook kami 
https://www.facebook.com/PusatOrganikNasa


0 comments:

Post a Comment

Flag Counter